JAENUDDIN LADANSA, Sekretaris Kwarda: Penyusunan Juknis Perkempinas 2009 telah rampung, info lebih lanjut dapat menghubungi Kwarda Sultra No. telepon 0401-3193313

Disperindag Siapkan Stok Sembako untuk Perkempinas

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Baubau, akan menyediakan stok perbekalan berupa sembako untuk Perkempinas. Bantuan sembako ini seperti beras, minyak goreng, ayam, sayur, ikan, telur, dan indomie. Yang akan disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan. Mengenai Perkempinas nantinya untuk stock sembako selalu di kontrol persediaannya. Dengan pengontrolan tersebut bisa diketahui yang mana saja yang perlu ditambah. Selain itu masyarakat sekitar Perkempinas sudah menyiapkan 200 unit kios yang dikhususkan untuk para pegadang yang berjualan bahan makanan dan aneka cendramata khas Buton.

Kepala Dinas Deperindag Kop dan UKM Feto Daud SE MSi, mengatakan dengan pemberian stok perbekalan sembako tersebut peserta perkempinas tidak lagi repot membawa makanan dari daerah masing-masing. Karena di bumi perkemahan semuanya sudah dipersiapkan. Selain itu bisa menggerakkan sektor ril. Seperti para pedagang yang ada disekitar Perkempinas dapat dihidupkan.

Maksudnya penghasilan pedagang akan meningkat sehingga dengan waktu yang empat hari ini dapat di fungsikan dengan baik untuk berjualan. Lanjut dia, mengenai perbekalan untuk Perkempinas nanti , DInas Pertanian Kota Baubau berencana memberikan bantuan khususnya beras yang mana bantuan ini akan disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan sehingga bantuan beras bisa tercukupi.

“Jadi untuk jumlah pemberian bantuan perbekalan Perkempinas tidak bisa dipatok langsung sebab harus disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan setiap hari. Kecuali Perkempinas sudah berlangsung selama sehari maka diketahui jumlah kebutuhan pasokan sembako perharinya.(m1/ard/radar)